Minggu, 16 Desember 2018

Pengaruh Pendidikan Terhadap Kualitas Anak-anak Pinggiran

Bukan rahasia lagi bila anak-anak yang tinggal di daerah pinggiran sangat sulit mendapatkan kehidupan yang layak seperti anak-anak pada umumnya. Mereka kesulitan mendapatkan kehidupan yang layak, mengenyam pendidikan sesuai batas kelayakan pendidikan Indonesia dan sulit mengikuti perkembangan zaman. Tak hanya itu saja, mereka bahkan kurang mengenal akan perkembangan teknologi seperti handphone dan lain sebagainya.
Hal pokok yang menjadi sorotan utama yaitu betapa sulitnya mereka mendapat pendidikan yang layak dan mengenyam pendidikan dua belas tahun. Pada faktanya tak semua salah mereka, kesulitan mereka untuk melanjutkan pendidikan menjadi masalah karena mereka harus membayar uang sekolah. Sedangkan mereka untuk makan pun masih kesulitan untuk mencarinyaa.
        Kurangnya biaya dalam kehidupanlah yang menjadi kesulitan dalam kehidupan mereka, jangankan untuk sekolah, untuk makan sehari-hari pun merekan sulit mencarinya mesti kerja keras untuk dapat memperoleh satu bungkus nasi beserta lauk pauknya.
          Disinilah peranan sukarelawan yang ingin membantu dalam memberikan ilmu pendidikan sangat dibutuhkan bagi mereka (anak-anak pinggiran), meski pengajarannya tidak seperti mereka yang bersekolah didalam ruangan, dipinggiran jalan pun  dalam pembelajaran mereka siap untuk menerima ilmu-ilmu yang akan diberikan.
          Dengan adanya seseorang yang memberikan ilmu atau mengajarkan mereka akan pembelajaran pendidikan akan sangat berpengaruh karena selain dapat merubah sikap moral, sopan santun, dan dapat memberikan motivasi akan kehidupan yang lebih cerah dan maju, salain itu juga akan berdampak merubah menset dalam kehidupan mereka yang lebih baik lagi.

JANGAN PUTUS ASA DALAM MENDAPATKAN PENDIDIKAN

Jika bicara soal putus asa apa yang ada dalam pikiran anda? Terus jika kita putus asa apa kita hanya berpasrah diri dan diam saja? Menurut saya hal tersebut salah besar, mengapa demikian? Karena jika kita putus asa lalu berdiam diri itu tidak akan merubah keadaan dan kita akan terpuruk dengan keadaan tersebut.
          Jika kita mau bergerak untuk merubah suasana tersebut tentunya hal yang baru akan anda dapatkan, contoh halnya dalam mendapatkan pendidikan bagi mereka yang hidup dipinggiran jalan atau bagi mereka yang kurang mampu untuk bersekolah menjadi alasan untuk mendapatkan pendidikan, hal tersebut tentunya jangan lah dijadikan sebagai alasannya karena pendidikan itu dapat mereka dapatkan tidak hanya di sekolahan saja, diluar sekolahan pun bisa mereka dapatkan dengan cara kita minta diajarkan kepada mereka yang bersekolah untuk mengajarkan kepada mereka yang tidak sekolah di luar sekolah.
          Selain itu masih ada banyak cara lainnya untuk mendapatkan pendidikan, mereka bisa mengikuti pengajian di masjid, dari teman yang bersekolah, dari sukarelawan yang mau memberikan ilmunya, dan masih ada lainnya.
          Jadi mengapa kita mesti putus asa dan berdiam diri saja, mengapa tidak bergerak untuk mendapatkannya. Pendidikan itu sangat penting dalam kehidupan kita untuk merubah diri kita menjadi yang lebih baik.

AT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pentingnya Menanamkan Karakter Positif Sejak Dini

Karakter dalam perjalanan hidup setiap manusia sangat penting sekali. Bahkan kedudukan pembentukan karakter sejak dini akan sangat menen...